Powered By Blogger

Minggu, 02 Desember 2012

PI FIP bangkit dengan pelatihan jurnalistik


Sabtu (2/12) Pusat Informasi Fakultas Ilmu Pendidikan (PI-FIP) mengadakan sebuah pelatihan jurnalistik yang bertempat di Ruang sidang lantai 2 gedung O1 fakultas ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Pelatihan ini diadakan dengan tujuan agar anggota PI-FIP semakin kritis dan dapat menulis karya yang baik. Pelatihan yang dimulai sekitar pukul 10.00 Wib ini dihadiri 19 orang baik itu dari anggota lama maupun anggota baru PI-FIP. Selain itu, pelatihan ini juga dihadiri beberapa dosen yang menjadi anggota redaksi PIF dan beberapa narasumber untuk mengisi materi jurnalistik.
 Dibuka oleh Drs Heru Siswanto M.Si, pelatihan ini berjalan cukup tertib. Materi pertama diberikan oleh Henri Nur Cahyo, seorang penulis buku sekaligus wartawan freeline yang menjelaskan tentang artikel dan features (paparan, red.). Beliau menjelaskan perbedaan antara artikel, berita dan features, lalu menjelaskan bagaimana menulis judul dan awalan berita (lead) yang baik. Setelah 2 jam materi di berikan, peserta diberi waktu 1 jam untuk ishoma (istirahat,sholat, dan makan).
Selanjutnya materi tentang dasar-dasar jurnalistik dan teknik menulis berita disampaikan oleh Yuswanto S.Pd seorang wartawan sekaligus tenaga pendidik di Sekolah menengah akhir. Materi yang disampaikan cukup singkat dan jelas tapi mudah dipahami oleh peserta pelatihan. Setelah materi kedua ini, Minggu (2/12) materi ketiga yaitu materi fotografi jurnalistik disampaikan oleh Prayugi Waluyo, kepala biro koran Metro Jatim. Prayugi memaparkan tentang jenis-jenis foto, bagian-bagian kamera DSLR, dan teknik-teknik bagaimana mengambil foto yang baik terutama untuk foto jurnalistik yang bisa disebut foto dokumenter suatu peristiwa.
Pelatihan ini berakhir sekitar pukul 15.00 WIB, ditutup kembali oleh Drs Heru Siswanto, M.Si. “Saya berharap, jika kita terbiasa menulis, hal ini akan memudahkan anda untuk menghadapi skripsi ataupun jurnal ilmiah” tuturnya. Selain itu pimpinan redaksi balewarta (majalah keluaran PI-FIP, red.) ini juga berharap PI-FIP bangkit dan berkarya lebih baik lagi. (rasti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar